4 Kawasan Yang Memiliki Panorama Alam Yang Masih Asri Di Kab. Pangandaran

Halo sobat travelers berjumpa lagi bersama Serba Pangandaran. pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan artikel tentang empat obyek wisata yang masih belum terekspose keberadaannya secara public namun memiliki keindahan alam yang exsotik yaitu goa langkob, situ hyang, gunung kutu dan gunung gedogan. Oke langsung saja menuju pembahasan lebih mendalam daripada membuat anda penasaran. Hehe.

Yang Pertama ada Goa Langkob
Menurut keterangan dari juru kunci atau kuncen setempat, Goa Langkob pada zaman dahulu kala didalamnya merupakan dimana peralatan kesenian wayang beserta gamelan disimpan di dalam Goa tersebut, dan apabila ada yang hendak memakai atau meminjamnya harus melakukan beberapa ritual adat.

Goa Langkob sendiri terletak didaerah Desa Bangunkarya. Goa ini memiliki panjang kurang lebih 75 meter yang didalam goa tersebut terdapat stalaktit dan satagmit dengan bentuk yang beraneka ragam diantaranya ada yang memiliki bentuk seperti gundukan beras da nada juga yang menyerupai seperti jamur.

Pemerintah sempat melakukan pengelolaan terhadap obyek wisata Goa Langkob ini, namun naas proyek pengelolaan pun tidak berjalan sampai titik akhir dikarnakan minimnya pengehetahuan tentang keberadaan obyek wisata ini dan pengunjung yang datang pun masih dikatakan sangat jarang dan tidak diberlakukannya tiket masuk ke area ini tidak di berlakukan sehingga pemerintah pun kebingungan untuk mendapatkan pemasukan.

Yang ke dua ada Situ Hyang
Situ Hyang merupakan sebuah obyek wisata situ/bendungan aliran air sungai. Situ Hyang ini terletak di desa Jadimulya dengan titik koordinat yaitu S7 36.504 E1058 29.248. situ ini memiliki debit air yang fluktuatif yang dipengaruhi oleh keadaan cuaca atau kondisi alam serta musim terjadi dipangandaran tersebut.

Kondisi alam Situ Hyang yang masih asri dan masih belum tersentuh campurtangan manusia sehingga masih belum terdapat sarana serta fasilitas pendukung kegiatan wisata di situ Hyang ini. Untuk dapat menuju kawasan ini di perlukan waktu 15 menit menggunakan kendaraan pribadi dari obyek wisata tetangganya yaitu obyek wisata Goa Sinjang Lawang yang masih satu aliran sungai dengannya.

Yang menjadi Hambatan dalam pembangunan fasilitas pendukung kegiatan wisata  Situ Hyang diakibatkan belum adanya kegiatan sosialisasi keberadaan tempat yang memiliki potensi sebagai obyek wisata ini sehingga pengetahuan tentang keberadaan tempat ini pun masih dianggap belum meluas sama halnya seperti obyek wisata Goa Langkob.

Yang ketiga ada Gunung Kutu.
Gunung Kutu memiliki letak yang tidak jauh dari Gunung singkup dan masih berada satu jajaran dataran tinggi di Pangandaran. gunung kutu memiliki fauna yang unik seperti elang, burung anis, dan juga lutung yang populasinya masih terjaga. Kegiatan wisata di tempat ini ialah anda bisa melakukan kegiatan camping ground sembari menikmati keindahan dan keasrian alam yang dimiliki gunung kutu.

Dan yang terakhir ada Gunung Gedogan
Menurut mitos setempat, Gunung Gedogan dulunya di tempati oleh kuda sembrani atau nama kerennya Pegasus untuk melakukan persemayaman sehingga diambilah kata gedogan dari bahas sunda yang memiliki arti sebagai kandang kuda yang diperkuata dengan adanya tebing batu yang memiliki kemiripan seperti kuda. Gunung Gedogan sendiri terletak di desa Jayasari dan ditempat ini juga dulunya sering digunakan sebagai tempat ziarah oleh para penduduknya.

Untuk dapat menuju Gunung Gedogan, pengunjung dapat menempuh jarak sekitar 55km atau sekitar 2 jam 30 menit dari Pantai Pangandaran dan hanya dapat di akses menggunakan kendaraan pribadi saja dikarnakan belum tersedianya angkutan umum yang meuju lokasi tersebut dan kondisi jalan yang belum memadai untuk kenyamanan para pengguna alias masih rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda Tertarik Dengan Paket Yang Tersedia Bisa Langsung Menghubungi +6285316163438 Untuk Informasi Lebih Detail. Terimakasih