Sekilas Tentang Goa Sinjang Lawang Pangandaran

source:http://www.harapanrakyat.com
Goa alam yang terletak di desa jadimulya dan memiliki titik koordinat S7 37.119 E108 29.475 ini merupakan Goa yang didalamnya terdapat aliran air sungai yang masih satu hulu dengan sungai Green Canyon. Nama Sinjang lawing diambil dari dua kata dalam bahasa sunda yaitu sinjang dan lawang, sinjang yang artinya kain dan lawang yang artinya Pintu. Kenapa dinamakan demikian? Karena dimulut goa tersebut terdapat tebig batu yang menyerupai motif sinjang maka dari itu warga sekitar menyebutnya sebagai goa sinjang lawang.

Goa ini memiliki pajang sekitar 350 meter apabila kita menyusurinya kita akan disuguhkan dengan stalakgit dan stalatmit yang yang berjajar mengihiasi dalam goa tersebut, dan salah satudiantaranya ada yang berbentuk mirip seperti tokek dan Payung. Sebelum melakukan penelusuran goa, para pengunjung diharuskan untuk trekking atau berjalan melintasi hutan kurang lebih selama 15 menit sembari menikmati pemandangan hutan yang masih asri dan masih belum terjambah oleh tangan manusia.

Ada dua jalur untuk memasuki gua tersebut yang bisa di akses oleh para pengunjung, yang pertama melalui jalur darat dengan menaiki tangga yang telah disediakan oleh pengurus setelah itu berjalan memalui hamparan bebatuan di pinggir Goa. Dan yang kedua memakai jalur air dengan cara berenang atau body rafting menggunakan Pelampung.

Memasuki ujung Goa anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat unik yaitu terdapat sebuah lobang besar pada atap dinding Goa yang merupakan celah untuk masuknya cahaya sinar matahari dimana pantulan cahaya ke dinding goa dapat menghasilkan proyeksi rangkaian warna cahaya yang menawan dan menimbulkan ilusi tersendiri. Tepat dibawah loang terdapat sebuah bongkahan batu yang besar yang dapat dipakai untuk pijakan bilamana kita ingin melihat lubang tersebut lebih jelas. Batu ini juga menjadi salah satu tempat favorit yang dipakai untuk berfoto oleh para pengunjung. Dan masih banyak pemandangan unik lainya yang bisa anda jumpai bila berkunjung ke tempat Obyek Wisata ini.

Untuk dapat mencapai obyek wisata ini para pengunjung dapat mengaksesnya menggunkan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat karena masih blum tersedia transfotasi umum menuju lokasi ini. Dan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit dari Pantai Pangandaran. untuk sarana dan fasilitas seperti petunjuk arah  (signage) manuju lokasi obyek wisata, ruang kesehatan dan ruang informasi masih belum tersedia dan masih banyak fasilitas umum lain yang harus di tambahkan seperti toilet, ruang ganti dan juga peralatan keamanan untuk menunjang keselamatan para pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda Tertarik Dengan Paket Yang Tersedia Bisa Langsung Menghubungi +6285316163438 Untuk Informasi Lebih Detail. Terimakasih